Pengumuman
 PENGEMBANGAN SDM DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG SOSIALISASI DAN UJI COBA E-OFFICE KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT. RUANG SAPTA TARUNA, SELASA 9 DESEMBER 2014, PUKUL 10.00 - 16.00 WIB                          Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 6 Desember 2012 | Perkotaan

Pemenuhan SPM Penataan Ruang Dilakukan Secara Sistematis

Penyelenggaraan penataan ruang perkotaan harus dilakukan secara sistematis untuk dapat memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri PU No. 14 tahun 2010. Hal tersebut disampaikan Direktur Perkotaan Joessair Lubis dalam workshop kegiatan Konsultan Manajemen dan Evaluasi Pelaksanaan (KMEP) P2KH 2012 dan Fasilitasi Project Management Unit (PMU) Sistem Informasi Pelaksanaan, dan Koordinasi Tim Advisory P2KH di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, Lubis menjelaskan bahwa mekanisme pemenuhan SPM harus memenuhi prinsip penyelenggaraan kegiatan, seperti tertib administrasi dan tertib waktu, untuk dapat memenuhi kualitas pelayanan standar.

SPM Penataan Ruang sebagaimana tercantum dalam Permen PU No. 14/2010 tentang SPM PU dan Penataan Ruang mencakup variabel informasi penataan ruang, pelibatan masyarakat, izin pemanfaatan ruang, pengaduan pelanggaran penataan ruang, dan penyediaan RTH Publik. Berdasar proses pemantauan dan evaluasi yang telah dilakukan oleh Direktorat Perkotaan, rata-rata pemenuhan SPM pada lingkup perkotaan secara nasional masih berkisar pada angka 50 persen.

Menanggapi hal tersebut, Lubis menegaskan, bahwa untuk dapat secara optimal memenuhi SPM, perlu dilakukan berbagai upaya konkrit dalam waktu dekat. Langkah awal yang cukup mendesak adalah dengan menyusun Standard Operation Procedure (SOP) pengukuran SPM Perkotaan. Selanjutya, melalui SOP tersebut, dapat dilakukan pengukuran SPM secara akurat, terkini (up to date) dan informatif.

“Saat ini kita sudah dapat memetakan pencapaian SPM Penataan Ruang pada lingkup perkotaan secara nasional. Melalui pemetaan tersebut, kita dapat merancang proses pembinaan yang lebih tepat sasaran, baik secara sebaran geografis maupun secara substantif," lanjutnya.

Hingga saat ini, Ditjen Penataan Ruang secara aktif senantiasa melaksanakan upaya pemenuhan SPM pada berbagai wilayah perkotaan di Indonesia melalui kegiatan pendampingan teknis, konsultan manajemen wilayah, bimbingan teknis, maupun proses fasilitasi berbagai aspek penataan ruang. Beberapa upaya tersebut, diharapkan mampu memenuhi standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan. (cae/nik)


Sumber : admintaru_061212


  BERITA DARI MEDIA
15/12/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Ruang Terbuka Hijau: DKI Targetkan Tambah 50 Ha
15/12/2014 | http://nasional.republika.co.id
Cegah Macet, Tata Ulang Ruang Jakarta Diperlukan
7/12/2014 | http://nasional.kontan.co.id/
BNPP geber 9 Perpres Tata Ruang Kawasan Perbatasan
6/12/2014 | http://www.rri.co.id/post/
Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi Terbaik se Indonesia
27/11/2014 | http://news.okezone.com/
Pemprov DKI Kesulitan Tambah Ruang Hijau

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id