Pengumuman
 PENGEMBANGAN SDM DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG SOSIALISASI DAN UJI COBA E-OFFICE KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT. RUANG SAPTA TARUNA, SELASA 9 DESEMBER 2014, PUKUL 10.00 - 16.00 WIB                          Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 31 Maret 2012 | Nasional

Ditjen Penataan Ruang Lakukan Sosialisasi Perpres 88/2011

Rencana Tata Ruang (RTR) Pulau Sulawesi sebagaimana tercantum dalam tujuan diantaranya ingin mengembangkan ekonomi kelautan, lumbung pangan padi nasional, dan kawasan perkotaan berbasis mitigasi bencana. Nantinya tujuan tersebut secara detail akan dijabarkan dalam strategi operasional perwujudan struktur ruang dan pola ruang. Demikian diungkapkan Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional Kementerian Pekerjaan Umum Iman Soedradjat dalam Sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) No. 88/2011 di Manado (28/3).

Ditambahkan Iman, untuk mewujudkan apa yang dikemukakan dalam tujuan perlu diimbangi dengan pembangunan infrastruktur. Sebagaimana diketahui, Pulau Sulawesi merupakan kawasan perbatasan negara sehingga berperan sebagai beranda depan dan pintu gerbang negara. Untuk mendukung hal tersebut, pengembangan kawasan perbatasan difokuskan pada pulau-pulau terluar dan pulau kecil disekitar Pulau Sulawesi.

Kepala Bidang Perencanaan Wilayah Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Liny Tambayong mengungkapkan, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menyambut baik dengan telah disahkannya Perpres No. 88/2011. Perpres ini diharapkan dapat mendukung keterpaduan dan keserasian pembangunan antar wilayah serta dapat menjadi solusi atas permasalahan lintas sektor, imbuhnya.

RTR Pulau Sulawesi merupakan salah satu wujud produk hukum yang bersifat mengikat dan wajib dipatuhi. Perpres ini juga berperan sebagai penguat antara Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dengan RTR dibawahnya, serta sebagai harmonisasi dengan RTR lainnya. “Karenanya dalam pelaksanaan Perpres ke depannya diperlukan komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan untuk dapat merealisasikan kegiatan yang tercantum dalam indikasi program utama,” ujar Asisten Deputi Bidang Prasarana, Riset, Teknologi, dan Sumber Daya Alam Sekretariat Kabinet Lydia Silvanna Djaman.

Direktur Fasilitas Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Kementerian Dalam Negeri, Sofyan Bakar menambahkan, untuk menjamin terselenggaranya Penataan Ruang di daerah, perlu dilakukan penguatan kelembagaan Penataan Ruang. Hal ini dilakukan guna memfasilitasi upaya penyelesaian permasalahan dan peningkatan efektivitas koordinasi penyelenggaraan penataan ruang daerah.

Dalam kegiatan ini, peserta sosialisasi aktif dalam memberikan masukan dan koreksi bagi evaluasi Perpres RTR Pulau Sulawesi dalam 5 tahun kedepan. selain itu, pemerintah Daerah juga menyatakan kesiapannya untuk menjadikan Perpres ini menjadi pedoman dalam pelaksanaan penataan ruang di Pulau Sulawesi. (ay/nik)


Sumber : admintaru_310312


  BERITA DARI MEDIA
15/12/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Ruang Terbuka Hijau: DKI Targetkan Tambah 50 Ha
15/12/2014 | http://nasional.republika.co.id
Cegah Macet, Tata Ulang Ruang Jakarta Diperlukan
7/12/2014 | http://nasional.kontan.co.id/
BNPP geber 9 Perpres Tata Ruang Kawasan Perbatasan
6/12/2014 | http://www.rri.co.id/post/
Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi Terbaik se Indonesia
27/11/2014 | http://news.okezone.com/
Pemprov DKI Kesulitan Tambah Ruang Hijau

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id