Pengumuman
 Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basoeki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Ikuti Special Talkshow Economic Challenges di Metro TV, Senin 29 September 2014, Pukul 21.05 - 22.00 WIB bersama narasumber : 1. M. Basuki Hadimuljono (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), 2. Sumarjo Gatot Irianto (Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian - Kementerian Pertanian), 3. Nusyirwan Soejono (Anggota Komisi V DPR-RI Fraksi PDI-P), 4. Prof. Bustanul Arifin (Akademisi dan Pengamat Pertanian) dengan tema                          Saksikan SUKA-SUKA Edisi Kota Pusaka Ternate di Kompas TV tanggal 1 November 2014 Pukul 09.00-09.30 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), 2. Dr. Ir. Luluk Sumiarso, M.Sc (Ketua Dewan Pembina BPPI), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman SH, MM (Walikota Ternate), 4. Ir. Arifin Djafar, MBA (Wakil Walikota Ternate)                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 16 Desember 2011 | Perkotaan

Mendorong Keberlanjutan Lingkungan Pulau Jawa dengan Penataan Ruang Berbasis Ekoregion

Daya dukung dan daya tampung lingkungan di Pulau Jawa saat ini telah terlampaui karena besarnya intensitas kegiatan produktif di dalamnya. Kondisi tersebut terungkap dalam kajian Telapak Ekologis yang telah dilakukan Ditjen Penataan Ruang pada tahun 2010 lalu. Untuk menjawab permasalahan ini, perlunya pendekatan pembangunan berkelanjutan berbasis kesatuan ekoregion yang meliputi Pulau Jawa secara keseluruhan. Demikian diungkapkan Direktur Perkotaan Kementerian Pekerjaan Umum Joessair Lubis dalam Rapat Teknis Pengendalian Kerusakan Lingkungan Ekoregion Jawa di Semarang (15/12).

Kajian telapak ekologis merupakan suatu metode perhitungan tingkat keberlanjutan suatu wilayah berdasar pola konsumsi dan kapasitas alam dalam menyediakan sumber daya alamnya. Berdasar kajian tersebut diketahui bahwa saat ini, pola konsumsi masyarakat di Indonesia secara keseluruhan hampir mendekati batas kapasitas sumber daya alamnya. Kondisi tersebut menuntut perlunya pengendalian pembangunan sehingga pola produksi dan konsumsi masyarakat dapat lebih berkelanjutan seiring dengan waktu.

“Kapasitas lingkungan di Pulau Jawa telah mengalami defisit karena perkembangan kegiatan produksi dan konsumsi yang sangat padat. Hal ini terjadi karena pembangunan yang tidak tertata dan terkendali. “Mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan proses perencanaan pembangunan secara terpadu berbasis pulau yang dalam hal ini telah dilakukan dengan disusunnya Rencana Tata Ruang (RTR) Pulau Jawa-Bali," imbuhnya.

Rancangan Peraturan Presiden tentang RTR Pulau Jawa-Bali masih berproses pada tingkat Sekretariat Kabinet untuk disahkan. Melalui perwujudan RTR Pulau Jawa-Bali ini diharapkan dapat terwujud Pulau Jawa berdaya saing internasional dengan kapasitas daya dukung dan daya tampung lingkungan yang memadai untuk pembangunan.

Lebih lanjut Lubis menjelaskan, untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan maka Penataan Ruang harus menjadi panglima dalam seluruh proses pembangunan. “Hal ini hanya dapat dilakukan dengan komitmen segenap pemangku kepentingan dalam pembangunan untuk konsisten mengacu pada RTR yang telah disusun.

Kegiatan Rapat Teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengendalian pembangunan dalam lingkup Pulau Jawa. Dihadiri oleh para Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi di Pulau Jawa dengan Narasumber dari berbagai instansi Pemerintah serta akademisi. (cae/nik)


Sumber : admintaru_161211


  BERITA DARI MEDIA
31/10/2014 | http://news.bisnis.com/
TARIK WISATA, Pekanbaru Tata Kota Tua
28/10/2014 | http://www.korankaltim.com
RTRW Provinsi Dibahas di BKPRN
28/10/2014 | http://nasional.rimanews.com/
Depok Hadapi Masalah Perizinan dan Tata Ruang
21/10/2014 | http://analisadaily.com/
Pembalakan Liar Jadikan Aceh Utara Langganan Banjir
20/10/2014 | http://daerah.sindonews.com/
Proyek Jalan Tol Ubah Tata Ruang Kabupaten Pasuruan

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id